Selasa, 02 April 2002

    BAB 1 PI e-leraning

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
    Semakin berkembangnya tekhnologi informasi menuntut instansi ataupun perusahaan untuk bepacu dalam perkembangan teknologi, agar mampu bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan eksistensinya didunia bisnis. Organisasi atau perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi informasinya, dengan tujuan untuk lebih mengenalkan dan berinteraksi dengan customer maupun calon customer. Selain itu teknologi informasi dapat digunakan pula untuk penunjang pembelajaran seperti e-book dan tutorial-tutorial.
    Begitupula dengan dunia pendidikan kita saat ini, pelaku pendidikan semakin pintar dan cerdas dalam memberikan metode pembelajaran yang disebut e-learning. Dari lembaga pendidikan jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Metode pembelajaran e-learning ini banyak digunakan untuk memacu dan memprediksi serta mengevaluasi kemampuan seorang siswa dalam mencapai prestasi akademik. Sehingga para siswa dapat mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana mereka sudah mengetahui dan memahami pelajaran disekolah.

    Oleh karena itu penulis mencoba untuk turut serta dalam mempermudah siswa untuk dapat mengetahui dan mengevaluasi prestasi akademik yang mereka capai terutama dalam Ujian Nasional. Khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Dalam hal ini penulis membuat e-learning dengan menggunakan moodle. Metode e-learning ini dibuat sebanyak 100 soal pilihan ganda untuk masing-masing mata pelajaran beserta kunci jawaban dan skor nilai yang dicapai siswa.

    1.2 Batasan Masalah

    Penulis mencoba membuat metode e-learning prediksi UN untuk siswa Sekolah Menengah Pertama mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

    1.3 Tujuan

    Untuk mempermudah siswa mengetahui dan mengevaluasi prestasi akademik yang mereka capai terutama dalam Ujian Nasional. Khususnya mata pelajaran bahasa inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA untuk siswa Sekolah Menengah Pertama.

    1.4 Metode Penelitian

    o Wawancara
    Mewancarai langsung kepada orang yang berkompeten.

    o Observasi
    Terjun langsung kelapangan untuk mengetahui dan memahami profil dan kegiatan-kegiatan yang ada dilapangan.

    o Study Pustaka
    Penulis memperoleh data melalui buku,artikel ataupun internet

    1.5 Sistematika Penulisan

    o Bab I Pendahuluan
    Bab ini berisi latar belakang, batasan masalah,tujuan, metode penelitian, sistematika penulisan.

    o Bab II Tinjauan Pustaka
    Bab ini menguraikan teori-teori yang menunjang tulisan / penelitian ( pengertian, definisi, dll) yang bisa diperkuat dengan menunjukan hasil penelitian sebelumnya.

    o Bab III Analisa masalah
    Bab ini berisi analisa dan hasil penelitian, perancangan dan implementasi.

    o Bab IV Kesimpulan dan Saran
    Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait sehubungan dengan pengembangan penelitian.

    o Bab V Penutup
    Bab ini terdiri dari Daftar Pustaka, Daftar Simbol dan Lampiran.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Blogger

    http://www.emocutez.com

    Nama saya Muhammad Kurnia...
    Kesibukan saya saat ini berkuliah di Universitas Gunadarma semester 5...

    COBA DILIHAT....... Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts